Home > Uncategorized > Empat Jenis Investasi Utama

Empat Jenis Investasi Utama

“Id like you to consider a bold new strategy.”

Setelah sebelumnya kita membahas soal salah kaprah dalam investasi, sekarang saya akan mengulas apa-apa saja instrumen investasiyang bisa kita manfaatkan. Secara umum, investasibisa dibagidalam empat kategori

lnvestasi Surat Berharga (Paper Assets)

lnvestasi dalam kategori ini adalah investasi menggunakan instrumen finansial seperti reksadana, obligasi, ORI, saham, dan sebagainya. Instrumen surat berharga semacam ini diperjualbelikan di pasar keuangan (pasar modal). Untuk instrumen seperti saham atau obligasi, Anda diharuskan membuka account melalui pialang/ broker untuk bisa melakukan transaksi. Sementara untuk instrumen seperti ORI atau reksadana bisa dibeli langsung dari bank atau dari agen penjual yang ditunjuk.

lnvestasi Blsnls (Brick and Morlar)

lnvestasi dalam kategori ini misalnya Anda membuat bisnis sendiri atau membeli franchise yang sudah ada. lni adalah alat investasi yang potential upside-nya tak terbatas. Orang bisa meraih kesuksesan dan kekayaan secara eksponensial dari bisnis. Tak percaya? Silakan buka daftar orang-orang terkaya di dunia versi Forbes (atau versi pemeringkat Iainnya). Anda akan mendapati bahwa mayoritas orang-orang yang duduk di sana besar karena bisnis mereka.

lnvestasi Pronerti (Real Estate)

lnvestasi properti bisa berupa tanah, rumah, ruko-rukan, maupun bentuk bangunan lainnya. Strategi investasinya secara umum bisa dibagi dua: jual-beli dan sewa. Jualbeli properti memungkinkan Anda mendapatkan gain dari selisih antara harga jual dan harga belinya. Padahal kita bahwa properti (tanah) hampir selalu tak pernah turun harganya. Selain jual-beli, properti juga bisa Anda Makan untuk mendapatkan cash flow dari tarif sewa ilng Anda bebankan. Kelemahannya, investasi properti putuh dana yang cukup besar.

Investasi Lain-Lain

Adapun jenis investasi yang masuk kategori ini misalnya (logam mulia)—salah satu instrumen investasi yang Ebelakangan makin populer. Selain emas, sebenarnya mulia seperti perak atau paladium juga lazim dijadikan alat investasi. Selain itu, ada pula benda-benda k seni (collectible) seperti barang-barang antik, lukisan, perhiasan, arloji premium, dan lain sebagainya yang memiliki unsur historis yang tinggi. Sayajuga memasukkan anggur (wine) sebagai salah satu alternatif investasi karena harganya yang cenderung selalu naik.

Tiap orang punya keahlian dan spesialisasi masingmasing—walaupun mungkin ada kecenderungan untuk menyukai atau mendalami jenis investasi tertentu. Misalnya, Bill Gates berinvestasi dalam bentuk bisnis g 7 (Microsoft) tapi dia juga berinvestasi dengan memborong emas dan perak di tahun 2000-an. Donald Trump, selain dikenal sebagai raja properti, juga mengelola sejumlah bisnis di bidang Iain.

Tapi bagaimana dengan pilihan investasi bagi kita orang kebanyakan?

Di Inggris, orang masih memilih tanah (land)bukan rumah (housing)Sebagai pilihan investasi utamanya, sedangkan di Hong Kong, saham adalah pilihan yang paling diminati. Sementara di New Zealand, ternyata deposito masih menjadi instrumen investasiyang paling populer.

Sedangkan di Indonesia, hasilnya relatif beragam. Sebagian besar orang masih menyimpan dananya dalam bentuk deposito dibank. Tapitak sedikitjugayang memiliki investasi dalam bentuk tanah atau properti. Sedangkan untuk instrumen lain yang lebih canggih seperti saham atau obligasi, relatif masih terbatas di kalangan tertentu. Harus diakui bahwa di Indonesia masih Sedikit mereka yang melek informasi sekaligus punya appetite terhadap risiko untuk bisa menjangkau instrumeninstrumen investasi Semacam itu.

Categories: Uncategorized Tags:
December 5th, 2014