Home > Uncategorized > Memahami Dunia Bisnis

Memahami Dunia Bisnis

Bisnis merupakan upaya memutar modal kita untuk B memperoleh keuntungan. Keuntungan bisnis didapat dari menjual produk atau jasa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bisnis adalah upaya menjual produk atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen dengan tujuan memperoleh keuntungan atau laba

Selain untuk laba atau beberapa fungs ain dari bishis, yaitu memenuhi kebutuhar masyarakat, menci takan nilai Suatu produkatau Jasa menjadi produk yang lebih berguna, menambah lapangan pekerjaan, dan menambah pemasukan Negara berupa pajak yang kita bayarkan. Dengan demikian, bishis bukan merupakan kepentingan dalam hal penjual yang mendapatkan keuntungan material, tetapi juga dapat member keuntungan gik nsumen, dalam halini produkataujasayang

Bisnis bisa dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi, Umumnya, dasar kepemilikan bisnis mencakup hal-hal Sebagai berikut.

~> Perusahaan perseorangan adalah biasanya bismis ini dimiliki oleh Satu orang.

~> Persekutuan adalah bentuk bismis di mana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persatuan komanditer dan firma.

~> Perseroan adalah bismisyang dimiliki oleh beberapa orang dan diawasi oleh direktur.

~> Koperasi adalah bismis yang beranggotakan Orang- orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsipberdasarkan asas kekeluargaan.

Pada umumnya, bismis kecil masih dipegang atau dilakukan oleh perorangan. Akan tetapi ketika sudah berbentuk badan usaha komanditer atau firma harusterdiriatau dimiliki minimal oleh dua orang. Selain dibedakan berdasarkan bismis juga dibedakanatas dasaraktivitasnya. Berdasarkan aktivitas

Bisnis Manufaktur

Bismis ini memproduksi produkyang berasal dari bahan mentah dengan bahan bahan pendukung, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis manufaktur dilakukan oleh perusahaan yang memproduksi

barang fisik seperti mobil, motor, dan elektronik.

> Bismis Retail dan Distributor

Pengerer atau retail dan distributor adalah pihak yang berperan Sebagai perantara produk konkrit antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi pada konsumen adalah distributor atau pengecer, contohnya, toko kelontong, swalayan, dan lain Sebagainya.

> Bismis Pertanian dan Pertambangan Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bishis yang memproduksi barangbarang mentah. Bisnis pertanian menghasiskan bahan makanan dan lain Sebagainya. Sementara ital, bisnis pertambangan menghasilkan bahan minyak, batubara, dan lain Sebagainya.

> Bisnis Finansial

Bisnis finansial adalah bishis yang mendapatkan keuntungan kegiatan investasi dan pengelolaan modal. Kegiatan bishis ini mengutamakan modal finan

sial agar berjalan bismis yang dijalankan. Pebismis finansial tidak menggerakkan modal finansial secara mandiri,

Bisnis Informasi Bismis informasi adalah bishis enghasilkan keuntunganterutama darihasil pejualan. Bismisinformasi biasanya dilakukan oleh para agen properti yang menawarkan properti produsen kepada konsumen. Setelah terjadi kesepakatan dan penjualan, pebisnis informasi akan mendapatkan fee dari produsen maupun konsumen.

Bisnis Utilitas

Bismis utilitas adalah bismis yang mengoperasikan jasa untuk publik, sepertilistrikdan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah. Bisnis utilitas dilakukan oleh pengusaha swasta dengan berafiliasi dengan perusahaan milik negara.

Bisnis Real Estate

Bismis real estate adalah bismis yang menghasiskan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, danbangunan. Bismisini banyak dilakukan oleh orangyang memilikimodal besar, karena bismis real estate memang membutuhkan dana produksiyang tidak sedikit.

 Bisnis Jasa

Bismis jasa adalah bismis yang menghasilkan barang intangible atau Sesuatu yang tidak bisa didefiniskan secara konkrit, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Bismisjasapada umumnya dilakukan dengan membuka usahakonsultasidanatauperantara. Dalam halini, bismis jasa, misalnya bismis konsultasi psikologi, bismis rancang bangun, bismis penyelenggaraan perjalanan atau tour and travel, dan lain sebagainya.

Bismissransportasi Bismis transportasi adalah bismis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasiyang lain. Bisnis transportasi ini biasanya terkaiterat dengan bisnis tour and travel.

Dari apayang diuraikan diatas, dapat dikatakan bahwa bisnis dapat dilakukan oleh siapasaja, di mana saja, dan dengan apa saja. Dengan demikian, Semua orang dapat melakukan atau menjalankan. Dengan modalyang tidak banyak, kita bisa mendapatkan keuntungandarimenjalankan sebuah bisnis.

 

 

 

Categories: Uncategorized Tags:
April 15th, 2015