Home > Uncategorized > Membeli Saham Satu Perusahaan

Membeli Saham Satu Perusahaan

Membeli saham satu perusahaan saja memberikan return yang lebih aman daripada membeli satu reksadana. Benar atau salah?

“Soal ujian” di atas diadopsi dari survei yang dilakukan oleh FINRA Investor Education Foundation untuk melihat kemampuan seseorang di bidang keuangan (financial capability) di seantero Amerika.

Walaupun survei tersebutdilakukan di negara maju dengan pendidikan dan wawasan yang dimiliki penduduknya sudah tergoiong tinggi, namun hasilnya mengejutkan. Misalnya, untuk pertanyaan pertama dan keempat, sekitar 24% penduduk yang disurvei menjawab salah. Untuk pertanyaan kedua, ada 33% yang menjawab salah. Lebih parah Iagi, di pertanyaan ketiga, cuma 30% yang menjawab benar.

Pertanyaan yang menggelitik saya kemudian adalah, kalau di Amerika saja separah itu, bagaimana dengan di Indonesia?

Saya sendiri merasa prihatin. Perencanaan keuangan (financialplanning) dan bagaimana membangun kekayaan (wealth building) seharusnya jadi peiajaran yang diajarkan di sekolah-sekolah karena memegang pengaruh penting dalam hidup kita. Sayangnya, selama saya sekolah baik itu S1 dan S2 sekalipun, tidak pernah disinggung soai pelajaran tersebut. Ya, kami diajari bagaimana mengelola keuangan perusahaan, atau bahkan, mengelola keuangan negara. Tapi kami tak pernah diajari bagaimana mengelola keuangan sendiri.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda mempelajari tentang perencanaan keuangan (financial planning) dan bagaimana membangun kekayaan (wealth building)? Pernahkah Anda melakukan analisis terhadap kondisi keuangan dan investasi Anda saat ini?

Oh iya, jawaban yang benar adalah: (1) Lebih dari Rp102 juta. (2) Lebih sedikit dari hari ini. (3) Harganya turun. (4) Benar. (5) Salah

Ngomong-ngomong, berapa skor Anda?

Categories: Uncategorized Tags:
December 4th, 2014