Usaha Kecil Tapi Tetap Untung

April 3rd, 2012

 

Usaha kecil tidak bisa dianggap sebelah mata lagi. Sebab di saat krisis ekonomi telah menyebabkan PHK terjadi di mana-mana, justru usaha kecil menjadi penyelamatnya. Banyak para karyawan yang terkena PHK akhirnya mencoba peruntungan baru di bidang usaha kecil. Mereka mulai menekuni aneka bidang usaha, mulai dari usaha rumahan, UKM, bisnis modal kecil, dan sejenisnya.

Kerja keras dan keuletan mereka pun berbuah manis. Usaha mereka makin sukses dan mendatangkan keuntungan berlimpah. Bicara usaha kecil tentu cakupannya sangat beragam. Namun jika cakupan tersebut dibatasi hanya pada bidang usaha kecil yang menguntungkan, tentu kita harus cermat dalam memilah dan memilih. Artinya, kita harus fokus pada prospeknya. Bagi Anda yang berminat menekuni usaha kecil menguntungkan, coba simak sejumlah daftar usaha kecil berikut ini:

1.      Usaha kuliner: ayam kremes,  bakso telur puyuh, batagor, martabak manis, nugget jamur, keripik buah (pisang, apel, nangka).
2.      Jasa: penerjemah, pengetikan, warnet, cuci mobil.
3.      Pendidikan: les privat, Lembaga Bimbingan Belajar (LBB).
4.      Agrobisnis: budidaya bunga athurium, budidaya jamur tiram.
5.      Kerajinan: aneka souvenir dari kain perca, kain flanel, atau enceng gondok

Beberapa contoh usaha kecil di atas semoga bisa menginspirasi Anda. Jangan lupa, kerja keras dan keuletan menjadi kunci sukses usaha kecil Anda. Selamat berkarya!